Khasiat Dan Manfaat Susu Kambing Etawa

Butiran lemak susu kambing berukuran antara 1-10 milimikron sama dengan susu sapi, tetapi jumlah butiran lemak yang berdiameter kecil dan homogen lebih banyak terdapat pada susu kambing sehingga susu kambing lebih mudah dicerna alat pencernaan manusia, serta tidak menimbulkan diare pada orang yang mengkonsumsinya. Susu kambing juga tidak mengandung karoten, sehingga warna susu kambing lebih putih daripada susu sapi.

Khasiat susu kambing antara lain untuk terapi TBC, membantu memulihkan kondisi orang yang baru sembuh dari sakit, mempu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Untuk meningkatkan kesehatan kulit, terutama bagian wajah. Kandungan gizi susu kambing dapat meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak serta membantu keseimbangan proses metabolisme, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel darah merah dan jaringan tubuh. Baik bagi wanita dewasa untuk mengembalikan zat besi setelah haid, kekurangan darah (anemia), kehamilan serta pendarahan setelah melahirkan. Kandungan mineralnya memperlambat proses osteoporosis.

Read more: Khasiat Dan Manfaat Susu Kambing Etawa

Susu Kambing Etawa Terbaik Dan Untuk Segala Umur

Susu kambing baik dikonsumsi oleh anak dan orang dewasa. Komposisi susu kambing lebih mendekati ASI, sehingga di beberapa negara susu kambing di pergunakan sebagai pengganti ASI terlebih bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Diantara jenis susu, susu kambing adalah satu-satunya susu yang paling banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Susu kambing yang dikonsumsi tanpa proses pemanasan terlebih dahulu memiliki kandungan Fluorine yang lebih tinggi dibandingkan yang dimasak terlebih dahulu.

Susu Kambing ditengarai memiliki antiseptik alami dan diduga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10-100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya. (Moeljanto, Rini Damayanti dan Wiryanta, B.T. Wahyu, Tahun 2002, Khasiat dan Manfaat; Susu Kambing, Agromedia Pustaka, Depok).

Read more: Susu Kambing Etawa Terbaik Dan Untuk Segala Umur

Mengenal Kambing Etawa

Kambing Etawa yang dikenal sebagai kambing perah dari India didatangkan ke Indonesia untuk pertama kalinya dengan tujuan untuk diambil susunya. Untuk menjaga kelestariannya, kambing etawa tersebut kemudian dikawinkan dengan kambing lokal dan pada generasi F3 terbentuklah jenis Kambing Peranakan Etawa (PE) yang sampai kini telah banyak dikenal dan dikembangkan sebagai kambing perah.

Susu yang dihasilkan kambing etawa ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan keistimewaan tersendiri dibandingkan susu sapi serta sangat berkhasiat dan baik untuk kesehatan. Pengolahan susu kambing etawa yang telah lebih baik, menepis citra yang sering disandangkan pada jenis susu kambing yaitu berbau tajam. Pengemasan dan pengolahan yang telah terpadu mampu menghasilkan susu kambing etawa dengan berbagai rasa dan aroma seperti jahe, coklat, murni. Dengan demikian, mematahkan penghalang yang selama ini terbesit bagi setiap orang yang ingin memperoleh manfaat dari meminum susu kambing etawa.

Read more: Mengenal Kambing Etawa